Skip to main content

Persiapan Belajar Membuat Website

http://kliktag.blogspot.com
Saya bukanlah orang yang terlalu pandai dalam merangkai kata-kata disetiap tulisan. Oleh sebab itu jika Anda membaca artikel pada blog Kliktag ini jangan berharap akan menemukan rangkaian-rangkaian kata yang indah yang membuat Anda mencintai blog ini :P

Beberapa hal yang harus Anda siapkan jika membuat website Adalah :
1. Apache
2. Database
3. Bahasa Pemrograman
4. Seni
5. Logistik
6, dll

1. Apache
Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.

Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.
sumber : wikipedia

Ada banyak webserver yang bertebaran di Dunia tak nyata ini, namun dari sekian banyak webserver yang paling saya sukai adalah XAMPP. Pada postingan selanjutnya kita akan membahas cara installasi webserver (XAMPP).

2. Database
Basis data (bahasa Inggris: database), atau sering pula dieja basisdata, adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.
sumber: wikipedia

Poin ke-dua inilah yang penting (Database), semua informasi tersimpan dalam database, Program adalah perangkat lunak yang digunakan untuk memanipulasi data. Banyak macam database yang bisa digunakan untuk pemrograman web, diantaranya MySQL, MS SQL, PostgreSQL, Oracle, dll. Namun yang paling umum adalah MySQL, Selanjutnya kita akan bahas My SQL saja (karena cuma itu yang paling saya kuasi :P ).

MySQL sudah default terinstall saat menginstall software XAMPP.

3. Bahasa Pemrograman
Bahasa pemrograman, atau sering diistilahkan juga dengan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer, adalah instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
sumber: wikipedia

4. Seni
Poin keempat ini (seni) juga tak kalah penting dari poin ke-tiga dan ke-dua. Jika Anda jago bahasa pemrograman dan menguasai query database dengan sangat baik, namun jika Anda tidak memiliki seni, maka website Anda pun mungkin tak akan mendapat tempat di hati para pengunjung. Memang tak semua orang memiliki jiwa seni yang bagus (termasuk saya), Oleh sebab itu bermunculanlah jasa web design mengapung ke permukaan.

Jadi,  buatlah website Anda semenarik mungkin agar pengunjung betah berlama-lama nongkrong diwebsite / blog Anda.

5. Logistik
Yup, Anda tak salah baca, Logistik adalah penentu lancar atau tidaknya logika Anda dalam berpikir. Kebanyakan programmer akan sangat senang bekerja larut malam, sebagian beralasan membuat program butuh suasana yang tenang dan nyaman dan tengah malam adalah waktu yang dirasa tepat.

Bayangkan saja jika tengah malam Anda kelaparan, hujan deras, kopi habis, rokok pun habis, yang ada cuma korek api saja. Jangan berpikir kalau program anda akan selesai saat kondisi seperti ini (pengalaman pribadi).

6. Lain-lain
Ha, poin ke-enam ini Anda bebas menentukan pilihan (bukan pemilu), silahkan tambahkan sendiri kebutuhan khusus Anda pada poin ini, seperti musik yang akan mengiringi Anda dalam berpikir, dll

Itulah beberapa poin yang harus disiapkan jika Anda ingin belajar membuat website, Mungkin masih ada tambahan lainnya. Namun 6 poin di atas merupakan pengalaman pribadi Saya :)

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Fungsi Sederhana dengan PHP

Dalam pemrograman PHP berbasis orientasi objek, kita akan mengenal istilah function (fungsi). Sebenarnya apa yang disebut function dalam pemrograman php ? Sebuat pertanyaan yang pasti pernah terbersit dalam pemikiran para pemula dalam pemrograman php. Function secara umum bisa diartikan dengan sekumpulan perintah yang sudah kita susun untuk membuat sebuah pola tertentu yang bisa kita panggil dan kita gunakan sewaktu - waktu. Adapun bentuk dari struktur function adalah sebagai berikut : <?php function nama_fungsi(variabel_a, variabel_b) {     ... statement ...    return data_yang_sudah_diproses; } ?> Contoh fungsi sederhana dapat kita aplikasikan sebagai berikut : <?php function nama($nama) { echo 'Hallo, perkenalkan nama Saya adalah <strong>'.$nama.'</strong>'; } nama('Muhammad Ridho'); ?> Jika dijalankan maka menghasilkan output sebagai berikut : function

Membuat Database MySQL dari PhpMyAdmin

MySQL adalah database yang paling banyak digunakan dalam pemrograman web. PhpMyAdmin adalah user interface untuk memudahkan pengguna dalam mengelola data. Dalam tutorial kali ini kita akan mencoba membuat database melalui phpmyadmin. 1. Buka PhpMyAdmin. Buka phpmyadmin Anda melalui url pada browser : http://localhost/phpmyadmin phpmyadmin 2. Buat Database Pada menu database masukkan nama database misal : "dbkota" lalu klik tombol "Create" 3. Buat Tabel  Masukkan nama tabel (ex: tabel_kota) dan jumlah kolom. Kemudian klik tombol "Go" 4. Membuat Kolom Masukkan nama kolom yang dibutuhkan, misalnya pada tutorial kali ini kita membutuhkan 2 kolom. Yakni "id_kota" dan "nama_kota" berikut adalah detailnya: id_kota | type = INT | LENGTH / VALUES = 11 | Index = PRIMARY | AI = True | nama_kota | type = VARCHAR | LENGTH / VALUES = 30 | jangan lupa memberi nilai " PRIMARY " untuk  kolom id_kota dan checklis

Membuat CRUD dengan PHP - MySQL

CRUD adalah singkatan dari Create - Read - Update - Delete. Bisa diartikan pada pembelajaran pemrograman ini kali ini kita akan belajar bagaimana cara menampilkan data, mengupdate, menghapus dan menyimpan data ke database menggunakan bahasa pemrogramanan PHP. Contoh tutorial ini boleh dibilang cukup kompleks,karena pada contoh program kita juga akan membaca nilai dari parameter. Untuk memulai membuat program berikut adalah file-file yang kita butuhkan : Step 1: Membuat Database Pertama kita harus membuat database terlebih dahulu. Disini saya mengumpamakan Anda sudah membuat database dengan nama crud-php. Setelah database dibuat, selanjutnya adalah membuat tabel. Berikut adalah dumping SQL untuk tabel karyawan : CREATE TABLE IF NOT EXISTS `karyawan` (   `id` int(11) NOT NULL,   `nama_lengkap` char(50) NOT NULL,   `jekel` char(15) NOT NULL,   `tanggal_lahir` date NOT NULL,   `tempat_lahir` varchar(50) NOT NULL,   `no_telp` char(20) NOT NULL,   `alamat` char(100) NOT NULL